22 Maret 2014

Nomor Telepon 021 27535600 Penipu ?

Oke singkat saja. Saya sejak tahun lalu kok seperti 'diteror' oleh nomor ini? Dikit-dikit promosi penawaran Kartu Kredit atau Asuransi yang mengaku bekerja sama dengan Bank BNI. Kalau dari BNI betulan okelah, tapi setelah aku cek di Google, dengan kata kunci nomor 021 27535600; buset! Ada ratusan perkataan orang, baik lewat blog pribadi, suara pembaca media online, atau lewat forum; mengatakan bahwa nomor tersebut adalah PENIPU!

Cara kerjanya seperti saya kutip dari forum Kaskus (yang TS nya sendiri ambil dari postingan Suara Pembaca blog Detik tertanggal 05 Juni 2009. Wow, ternyata sudah 5 tahun nomor ini melanglang buana tanpa ada yang melapor secara resmi ke polisi ?

Jakarta - Hati-hati terhadap penipuan yang marak dilakukan oleh nomor telepon 27535600. Penelepon dari nomor telepon ini akan berpura-pura menjadi Customer Service suatu bank nasional. Biasanya mengaku dari Bank BNI 1946.

Penelepon memberitahukan seolah-olah sedang dalam proses memperbaharui data nasabah di database mereka. Anda akan diminta untuk melakukan proses konfirmasi yang intinya adalah anda diminta memberikan data-data terbaru pribadi anda.

Jika anda terkecoh dan kemudian memberikan data-data tersebut mereka kemudian akan menggunakan data-data tersebut untuk menjebol kartu kredit atau tabungan anda.

Pelaku dari nomor telepon ini sepertinya adalah orang yang pernah atau masih bekerja di bank karena mereka mengerti cara kerja bank dan tahu benar data apa saja yang diperlukan untuk mencuri uang anda.

Tapi belakangan cara kerja mereka berubah, dengan meng-atasnamakan sebuah perusahaan Asuransi dari CIGNA (atau ada Asuransi yang lain tapi belum aku selidiki lebih jauh). Wah kok bisa identitas kartu kredit kita bocor ke orang/organisasi lain yang dipergunakan dengan tidak bertanggung jawab ? Dari sini profesionalitas Bank BNI saya pertanyakan. Apa ada pegawainya yang membelot kah? Atau sistem database kalian mudah di retas?

Tapi bukan hanya nasabah Bank BNI saja yang jadi korbannya. Nasabah Bank Danamon juga ada yang menjadi korban dari agen Asuransi CIGNA tersebut. Ini link dari Suara Pembaca media KOMPAS (tertanggal 26 Oktober 2010), dimana langsung ditanggapi sendiri oleh Head of Marketing Communication & PR Asuransi CIGNA nya. So, artinya informasi kartu kredit nasabah yang ada di kedua bank ini bocor semua ke Asuransi CIGNA dong?

Mohon infonya juga bagi rekan pembaca untuk meng-share info ini ke media sosial, karena meski beritanya sudah 'kuno' sejak 2009 silam, tapi toh buktinya hingga sekarang nomor telepon 021-27535600 (area Jakarta) masih eksis menebar teror ke pemegang kartu kredit BNI, bahkan bagi pemegang kartu kredit baru diatas tahun 2013 (identitasnya sudah bocor semua). Semua informasi saya kumpulkan dari Google search engine, silahkan cek sendiri kalau tidak percaya.

17 komentar:

Anonim mengatakan...

barusan di telpon, makasih info nya

Lita mengatakan...

Kemarin saya ditelfon nmr ini mengaku dari bank Permata utk penawaran KTA.. untung saya blg "gak dulu deh mas". Hari ini saya ditelfon lagi tp gak saya angkat.. heran telfon terus.

Unknown mengatakan...

Met siang gan... apa agan2 sebelumnya pernah daftar kartu anggota carrefour ato sejenisnya?

Anonim mengatakan...

Saya juga nasabah bank permata mendapatkan penawaran yang sama...

Herman mengatakan...

@Vick Cinta : Tidak pernah.

Anonim mengatakan...

Tadi saya ditelepon tapi belum sempat saya angkat hp low bat. syukurlah

Anonim mengatakan...

sering bngt tel sy pas jam kerja, tp untung sdh sy block, jd gk bs masuk.

Anonim mengatakan...

barusan saya di telpon
untung nggak kejebak
soalnya aku nggak pake kartu kredit
mengatasnamakan cigna international
hati2 bagi teman2 yg lain

Unknown mengatakan...

barusan hp saya di telp juga tapi yang dicari suami saya...heran ko dia bisa tau semuanya ya??

Anonim mengatakan...

barusan di tlp, makasih infonya

Anonim mengatakan...

baru tau neh, sudah 2 hari di telepon nomer tsb, tapi ga diangkat... ternyata ada modus tipu-menipu yahh...

Unknown mengatakan...

baru saja 10menit yang lalu,, sy ditelpon oleh DINA ,, dengan menawarkan kartu kredit,, alhamdlh sy langsg googling dn nemu ini nomor ternyata begitu,, X_X, dan anehnya tahu semua data diri saya,, huff

Unknown mengatakan...

baru saja ditlpn dengan nomor itu an DINA, menawarkan kartu kredit,, anehnya tahu nama saya,, X_X

Herman mengatakan...

UPDATE Nomor telepon "PENIPU" Kartu Kredit :

021 49056800

Tidak tahu mereka dapat identitas kita dari mana. Tapi saya curiga semua berasal dari oknum pegawai bank BNI yang memperjualbelikan informasi nasabahnya kepada pihak ke 3. Mungkin sesama karyawan mereka saling bantu teman untuk dapat info. Tapi serius, ini bisa dituntut kode etik perbankan nomor xx soal pembocoran identitas nasabah ke publik tanpa persetujuan.

Anonim mengatakan...

Dulu pernah ditelpon nawarin asuransi, trus sy masukkan k blocklist di hp.
Kemarin dan hari ini nelpon lg, tp krn dah masuk blocklist jadi kita g perlu repot nanggapinya.

Aguz mengatakan...

baru tadi pagi gw d telpon, yap benar sekali dy ngakunya petugas asuransi, di tanyain kartu kredit, y gw bilang boro2 kartu kredit mbak kartu bebas hutang aja g puxa... :D

Aguz mengatakan...

baru tadi pagi gw d telpon, yap benar sekali dy ngakunya petugas asuransi, di tanyain kartu kredit, y gw bilang boro2 kartu kredit mbak kartu bebas hutang aja g puxa... :D