09 Mei 2013

Speedy Sering Gangguan, Sengaja Atau Tidak ?

Akhir-akhir ini koneksi Speedy di daerahku sering banget putus. Sebenarnya sih kadang engga putus beneran, tapi ping nya di kasih gede dan sering banget RTO nya (perbandingan setiap 2x ping nyambung : 6x RTO), membuka sebuah halaman URL (website) pun tak mampu, pun seandainya mampu harus nunggu 2-3 menit baru 1 halaman nongol (lho bedanya apa sama putus total). Bahkan kekuatan koneksinya pun tak mampu untuk sekedar login ke game online seperti Point Blank atau Ayodance.

Lantas kenapa sering sekali terjadi gangguan? Dengar-dengar sih karena sementara penggalian-penanaman jalur kabel fiber optik atau jaringan bawah tanah. Hampir di setiap ruas jalan memang terlihat ada penggalian dan penanaman selang di pinggir trotoar. Tapi kok bisa ya jaringan di tiang teleponnya juga ikut terganggu? Isu lain yang berkembang, karena terjadi gangguan dari pusat server di Makasar dan di Palu. Ah ini sih picisan, masa hari-hari gangguan alam?

Mau lapor, atau bahkan sekedar Tanya ke 147 juga, engga guna. Itu sudah jadi semacam mesin / robot penjawab otomatis. Padahal itu yang bicara orang lho ya. Tapi ya, itu, belum apa-apa, baru mau Tanya “mba, area Manado ada gangguan kah?”, eh kita sudah diarahkan untuk menjawab berbagai pertanyaan dari mereka, seperti nama lah, alamat lah, lalu disuruh cek modem lah, disuruh reset lah, cek kabelnya lah, cacad. Dikira kita ini pengguna awam, yang baru kemarin sore ngerti soal jaringan internet gini? Sory la yau, kita ini sudah berlangganan Speedy dari zaman kuda gigit besi, sewaktu dari koneksi nya Cuma 384 kbps (lu bahagi 8 deh untuk mendapat angka KB nya).

Menurut feelingku, ini sebenarnya ulah dari Telkom Speedy area Manado sendiri, yang kalau mau maintenance, selalu dilakukan pada saat jam kerja pegawai mereka. Ya, artinya mereka ikut “kerja” (arti kerja disini adalah maintenance jaringan mereka, yaitu sengaja mematikan/memperlambat koneksi utama, dan diganti dengan power koneksi dial-up, bahkan lebih rendah) disaat kita juga kerja. Mereka mungkin lupa kalau Bank, ATM, perusahaan, warnet, supermarket, kantor instansi dsb juga kerja di siang hari. Sialnya mungkin mereka lupa kalau gaji mereka sebenarnya dibayar oleh kita, dengan menyetor iuran bulanan ke kas mereka.

Benar-benar pea ini Speedy memang. Harusnya kalau mau maintenance, ya tengah malam buta lah. Contohlah yang tukang aspal jalan. Itu mereka kerja malam kenapa? Bukan karena memang suka jadi burung hantu, tetapi karena sudah tuntutan karena kalau siang hari banyak mobil lalu lalang, pengguna umum kan banyak, jadi harus kerja malam biar sepi. Nah ini sama harusnya kayak Speedy. Jangan hanya mau kerja enak, kerja kayak pegawai. Kalian juga sebenarnya kalau mau kasih gangguan “kerja”, ya tengah malam buta. Dijamin engga akan ada yang komplain. Jangan Cuma mau gaji besar, tanpa peduli dengan keandalan jaringan koneksi sendiri.

Kita berhak dong marah/maki, karena kita konsumen, dan konsumen adalah raja. Kalau 1-2x gangguan per bulan, it’s oke lah. Nah lho kalo tiap 2 hari gangguan diatas 6 jam? Kita ini usaha warnet. 5 menit DC, seluruh user pengguna internet udah kabur. 1 jam masih koit, seluruh pengguna user game ikut berhenti main dan kabur. Nanti jadinya kalau sudah malam, sekitar jam 9 keatas, warnet sudah mau tutup, apa gunanya? Memang pea lah. Meski Cuma gangguan 30 menit, tapi gangguannya disaat warnet penuh merayap ngantri, ya sama aja. Apa begitu koneksi lancar, orang-orang sudah pada ikut tahu juga, dan bergegas balik lagi? Apa perlu gue pake TOA atau pengeras suara, dan bilang/teriak “Woi, udah jadi nich koneksinya, ayo balik gi!”.

Nanti rencananya, gue mau bayar tagihan Speedy, tapi tidak full. Gue sisip beberapa lembar daun. Biarkan dilihat orang lain, kalau perlu panggil beberapa wartawan. Kalo ditanya ama tellernya, ya apa boleh buat, engg cukup buat bayar tagihan kalian, abis keseringan matinya sih. Jadi gue bayar pake daun.

Sumber gambar : www.azka-dzulkifli.com

14 komentar:

Semut Kecil mengatakan...

Kenapa nggak ganti provider aja Bro?

satuan intelkam polres ciamis mengatakan...

Iya mas kenapa gak pindah aja jangan pake speedy, gitu aja ko repot, daripada ngomel2, speedy gaakan rugi kehilangan satu pelanggan

Herman mengatakan...

Apa boleh buat di daerah saya cuman ada 1 koneksi pea ini..

Kita juga komplain wajar, karena kita pelanggan, tentu mengharapkan layanan yang baik, karena kita juga GAK PERNAH NGUTAN SE SEN PUN dan kita ambil jaringan 2x 2mbps yang harganya > 2 juta/bulan.

So, mohon sdr BENGE mau apa?
Kalo sdr BENGE bersedia ganti rugi ke saya setiap bulan, saya siap tutup mulut nih no comment. Oke?
Kalo gak mending diam aja cupz ini urusanku dengan SPEEDY bukan dengan anda...

Herman mengatakan...

gue mau maki2 ke speedy kog situ yang sewot.
apa situ atau saudara situ kerja di speedy?
sory cupz kalo gitu.
pasti tersinggung ea?

yesq mengatakan...

emang anjink itu speedy, gw juga sering bgt rto lola juga buka web.. persis dah kek lu bro.. lokasi gw di sby.. hina bener, mau ganti provider jg mesti musyawarah dolo sama ank2 kos.. padahal gw jg pake paket 2mbps.. anjing2 ne speedy

Gyaban Mulyadi Website mengatakan...

Udh 2 hari ini speedy di t4 kami jg putus nyambung putus nyambung. Padahal kami jg buka warnet :(
Kita pinginnya kasih pelayanan yg bagus buat anak2 tp telkomnya yg g ngerti. Katanya modem nya setengah koit mas. walaupun dlm hati g percaya, oke lah aq coba ganti modem lama yg cm pake seminggu. Besoknya aq ganti tp g bs nyambung (setting modem ulang). Udh aq setting tp tetap begitu akhirnya aq telpon plaza, aq pura2 g ngerti soal modem n cm bilang udh aq ganti tetap g bisa. Org plaza bilang itu harus di setting ulang n ada biaya setting nya. Pikirku, loe org kok doyan duit banget sih?? Masak gaji loe di telkom kurang?? Walah... ni namanya udh jatuh tp mo dijatuhi tangga dah :( Coba ada provider lain di kotaku (Fastnet x) sedari pertama g mau speedy kok aq nya.

Herman mengatakan...

Kalo memang ada gangguan koneksi, mau di apakan modemnya, atau mau pake modem harga 1 milyard juga gak bakal lancar pak.

Jadi cek aja pingnya, buka 2 ping :
ping www.3k.detik.com -t (untuk ping server Indo)
ping www.facebook.com -t (untuk ping server LN)

kadang server Indo nya lancar, server LN nya gangguan. Begitu juga sebaliknya. Tapi biasanya gangguan keduanya.
Jadi bersabar aja, ntar juga jadi sendiri kalo sudah normal, engga perlu ikut kata CS di 147 nya. Soalnya yang nge-jawab itu 90% cuma mahasiswa magang, wkwk. Gak yakin pak? Mereka itu disiapin buat ngelawak sama para pelanggan kumabal kayak bapak yang suka ngadu...

So, percuma telpon ke 147. Lebih baik langsung datangin plaza speedy terdekat, bawa catatan gangguan di warnet bapak selama sebulan. Nanti akan dipotong sebesar 15%.

Herman mengatakan...

Mereka pikir para pelanggan speedy itu cuma orang rumahan. Ternyata 20% pelanggan speedy itu pengusaha warnet, yang paling tidak untuk urusan koneksi2 ginian itu sudah tingkat mahir. Jadi engga perlu diajarin mau set modem lagi. Dikira baru buka warnet kemarin x ya?

Anonim mengatakan...

kencet nih spedol, gwa udah bayar mahal malah sering gak konek, kadangan konek pasa malam hari saja, siang hari sering putus...????

kencet busuk lo spedol...!!!!

Andre

Unknown mengatakan...

iya kirain di tempat ane aja dari pertama pasang putus jadi nya nyampai sekarang nga ku bayar udah tanggung kecewa gua

Bisnis Online Indonesia mengatakan...

saya pun merasakan hal demikian om, meski sebagai pelanggan home personal doang untuk paket speedy tapi bayar juga.. alhasil speedy tiap malam hancur jaringannya

Anonim mengatakan...

hehehehhhe kasusnya sama dgn ane , ane udah capek laporan tp ngak ada guna . . iklan ama real ngak singkron. ane juga heran kok bisa ..????????????????????????????

Unknown mengatakan...

Jangankan manado, surabaya, lu dateng ke Bali pake speedy gua jamin lu kena hipertensi gr" lu ngamuk ama koneksinya .. Pea telkom speedy ni

Kastriweb Design mengatakan...

Jangankan kalian yang ada di manado, surabaya, dan bali, ane aja yang di jakarta (dedengkotnya speedy), koneksinya sering ancur juga kalau siang.