![]() |
Salah satu iklan "plesetan" yang dibuat pelanggan Speedy |
Pada tanggal 29 Agustus lalu, koneksi Speedy di area saya (Manado) bisa dikatakan lupuh total. Kenapa saya menjamin lumpuh? Karena saya sebagai salah satu pengusaha jasa warnet memiliki semacam "forum" dengan rekan-rekan pengusaha warnet lain di daerah saya, dan kami berjumlah puluhan pengusaha. Semua saya tanyakan mengalami nasib yang sama pada koneksi jaringan di warnetnya (sesama pengguna broadband ini). Sejak sore itu pukul 18:00 WITA sampai 11:00 WITA siang keesokan harinya koneksi berjalan sangat lambat (bukan putus total, tapi ping besar dan lompat2/RTO). Saya telepon ke 147, itu sampai 6x baru dijawab "ya pak, saat ini area Manado ada gangguan perangkat karena cuaca buruk". Sebelumnya mereka menjawab pernyataan yang bikin emosi "maaf, koneksi lancar pak, mungkin hanya di modem anda yang jelek". zzz
![]() |
Model ping lompat. Terlihat pada gambar, RTO (request time out) sangat banyak, yang artinya tidak terhubung ke server. |
![]() |
Koneksi mati total ditandai dengan RTO terus menerus. |
Tapi mana ada, dulu saya pernah bertanya di kasir pembayaran mereka, untuk mendapatkan pengurangan tagihan, bisa; tetapi minimal sudah 3 hari berturut-turut koneksi di tempat anda mati. Kalo hanya "byar pet" meski intensitasnya setiap hari, tetap harus bayar full. Mereka kira kita ini pake di rumah. Di warnet, 2 menit aja gak konek (putus) itu pelanggan kabur semua tau! Seandainya sudah konek, tapi kondisi net sudah kosong, apa kita harus pake toa/corong dan teriak "Woi sudah jadi nih koneksinya, ayo balik gih!" Gak lucu kan (hammer :). Artinya apa, kemampuan stabilitas jaringan (buffer) juga harus menjadi perhatian, bukan kapasitas (bandwith DL/UL nya yang di gedein). Buat apa kemampuan download gede tapi sering mati?
Buat warnet, sebenarnya hanya ada 2 "musibah" yang selalu menghantui. Yang pertama, mati listrik, tapi masih bisa diakali dengan genset. Yang kedua, ya ini, mati koneksi, mau diakali pake apa? Pilihan koneksi internet di daerah saya juga tidak banyak, yang banyak itu malah koneksi internet di HP. Gak lucu kan pake koneksi ESIA atau XL (misalnya) lewat HP yang harus di share ke puluhan komputer? Harganya mau dikasih berapa? 5000 perak saja semua sudah pada kabur karena kemahalan. Cobalah, kalau mau ada maintenance, lakukan di malam hari. Jangan di siang/sore hari, itu jam padat. Saya tau teknisinya "orang kantoran", jadi kerjanya juga jam kantoran. Tapi harusnya ada pengecualian untuk beberapa pekerjaan yang memang harus dikerjakan pada malam hari.
Surat terbuka dari salah satu pengusaha warnet
16 komentar:
sabar ya om, nggak cuma speedy aja kok, lainnya juga terkadang sama... beda dengan iklan yang di tayangin di tv...
saya dapat membayangkan kejengkelan yang merasuki dirimu, cuma Jakarta lebih bernasib baik karena banyak provider pesaing, bahkan yg fiber optic pun sudah menjamur.
kami menggunakan speedy hanya sebagai back up agar koneksi int'l nya ngacir.
semoga pihak speedy mau membenahi diri agar pelanggan khususnya pengusaha warnet tidak sering misuh2 :)
Setahu ku, koneksi dengan fiber optik itu adalah jaringan bawah tanah, dan lebih "tahan" dari gangguan cuaca/alam.
Kalo speedy masih pake tiang telepon rumah. ckck
hallo...salam kenal balik stefany...
berhubung aku belum pernah pakai speedy, jadi aku belum tahu cacat atau tidaknya.
tetapi jika itu pengalaman sahabat, ada benar juga,
semoga bisnis warnetnya sukses yah...
Mungkin agar pengguna internet berlatih menjadi orang yang sabar dan nggak cepat emosian. (Garing dot com)
Sebagai pengguna speedy juga, saya sangat tidak senang denger cerita sobat diatas, karena kita kan sudah bayar mahal-mahal, tapi kalo pelayanannya sangat tidak memuaskan, itumah udah kelewatan.
Saya berada di daerah Bandung, dan selama hampir 7 bulan saya menggunakan speedy dirumah, sejauh ini saya belum mengalami gangguan yang begitu berarti, walaupun koneksi speedy memang terkadang jadi agak lemod. Tapi untuk sobat, sabar aja ya menghadapi ini semua :)
Betul, kalo saya hanya pake di rumah, mau mati seminggu juga gak jadi soal.
Tapi ini kita pake buat usaha, tarifnya juga bukan kategori murah apalagi kita pake sampe 2 link/nomor dan itu saya jujur saja harganya 2 jutaan/bulan hanya untuk ongkos koneksi.
Kalo jaringan ngadat yang kena komplain oleh user itu kita mas, bukan speedynya yang tenang2 aja.
salam kenal gan.
. . aq juga pake speedy kawan. ya ampyuennn,, terkadang malah seharian gak tersambung dengan internet. sampe^ aq harus bolak-balik telpon untuk menanyakan kenapa ini bisa terjadi. tapi pihak sana nya malah nyuruh ini lah,, itu lah,, lalu hanya cuma sebentar aja bisanya. setelah nya ilank lagi. sampe jenuh aq. jd ya skarang udah lah,, itu hal biasa n aq malas tuk complain lagi. percuma . .
..Betooll itu boss.......kalo 1x , 2x ok lah...ini tiap hari minggu jeblok....parah kali speedy .....
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=3518356203988&set=a.2292578120302.2101925.1424514944&type=1&theater
Nasep....padahal cmn 1 MB pun di paksa kyk gt....kaburr lah user .....
EMANG parah sipidy
krn pengalaman bbrp kali complaint ga ada perubahan, cm bs berharap/berdoa di daerah kita spt jkt, banyak pesaing, infrastruktur bagus, dlsbnya...
skrg cm bs senyum kecut dl aja dah, hiheihiee....
wkwk telkom emang cacad coba ad yang lain pada kabur semua tuh dari telkom sayang cuma ada telkom yang sediain layanannya saya sendiri benci pake ni telkom XD
telkom wifi rumahan pingnya mirip gambar di atas loncat2 benci saya apalagi buat game online 3x RTO langsung DC tuh game 8D
Betul. Untuk main game online, yang diperlukan adalah ketahanan/buffer, bukan power.
Tidak ada gunanya power (Kemampuan DL/UP) kalau sering RTO/DC.
saya punya banyak sekali cerita kepayahan speedy yang saya alami sendiri, untuk masalah koneksi mungkin bisa saya maafkan, tapi masalah pelayanan ini lo, sudah petugas lapangannya pada lelet, mata duitan
provider lain sudah mulai bermunculan, mungkin sekarang belum besar, tapi nanti kalo sudah besar saya yakin speedy akan ditinggalkan pelanggan, seperti halnya telepon rumah....
SAYA YAKIN 100%
Posting Komentar