29 Mei 2017

Orang Manado : Biar Kalah Nasi Yang Penting Jangan Kalah Aksi

Yup. Itulah (salah satu) semboyan orang Manado. Ceritanya, ada seorang Bapak2 (lalu seorang Ibu2 juga) yang datang ke warnet dengan maksud mau copy KTP. Dia tanya berapa selembar, gue bilang seribu perak om. Eh langsung ngomel2 sambil maki2 dia, teriak2 warnet gua sudah untung banyak.


Buset bro, seceng doank. Lu kencing aja bayar 2 ribu coy, parkir mobil di mall 4 ribu, motor 2 ribu, bahkan parkir pinggiran jalan, alias parkir liar aja bayar 2 ribu. Kalo gak mobil lu bakal di tentang sampe lecet bodynya kalo coba kabur enga bayar. Bahkan lu bayar uang sogok cepek buat pelicin urus surat2 di kantor kecamatan gak ngomel. Eh, giliran diminta seceng, sudah kayak orang kerasukan.


Gue jelasin, kalo di warnet gua bukan 'spesialis' tempat fotocopy. Jadi pake mesin printer merk Eps*n. Bahkan gua dah survei, rata2 warnet di daerah gua juga memang segitu harganya. Sori, gua dah 9 tahun menekuni usaha ini, dan harganya sejak jaman kuda gigit besi memang sudah gitu. Harga2 bapok naik coy, UMP aja naik, dan sudah pasti gajimu juga naik.

Kalo lu memang dah kepepet butuh copyan yah pasti lu gak bakal permasalahin. Lokasi warnet gua memang strategis, dekat sekolah, bank, kantor lurah, depan jalan raya. Ada pepatah kuno yang berkata, lokasi menentukan prestasi omzet. So, jika keberatan silahkan gas motormu pergi ke tempat fotocopy an.

Lu kalkulasi deh berapa nilai waktu (macet) dan bensin yang lu buang, cuma buat nyari selisih 500-800 perak buat copy selembar kertas fotocopy KTP mu. Bahkan anak2 net gua ogah terima 'uang picisan' kembalian sisa. Kata mereka buat apa koleksi uang picis, cuma buat garuk2 pantat aja. Mending tambahin aja beberapa menit di jam bilingnya.

Yah, gitulah orang Manado. Sesuai dengan semboyan diatas, gayanya kuat (pamer harta, mobil, hp), tapi kehidupan sehari2 terkesan jauh dari yang sebenarnya. Hal ini pun (mengenai gaya hidup orang Manado) juga sudah pernah di ulas di koran lokal. So, gak perlu protes.

Bahkan budaya 'pilih2 kerja' tidak asing lagi disini. Mau gaji (awal) gede tapi kerja santai. Maunya langsung kerja di perusahan berkelas, bahkan dengan posisi tinggi. Engga salah sih, toh pilihan2 nya juga. Mereka tak segan menjadi 'pengangguran berdasi' untuk itu...

Tidak ada komentar: